Wednesday 15 June 2011

PAGAR HIDUP DARI POHON SINGKONG

Tanaman singkong, atau ketela pohon disamping umbinya  , pucuk daunnya yang masih muda  juga bisa kita manfaatkan untuk menambah menu sayuran buat masakan kita.  Bahkan Daun singkong kadang jadi menu istimewa, atau makanan faforit seseorang. Banyak restauran restauran besar menyediakan  menu dari bahan daun singkong untuk jenis makanan tertentu.  Konon Daun singkong juga mempunyai gizi yang cukup lumayan buat tubuh kita, kandungannya antara lain Hidrat arang, protein, fosfor dan Zat besi, juga mengandung fitamin B.1 Vitamin A dan vitamin C.  Daun singkong juga bisa untuk obat alternatif seperti cacingan sakit Kepala dan  Mata rabun.

Bagaimana kita menanamnya ? , jangan khawatir.  Singkong bisa tumbuh dimana saja asal tanah itu tidak terlalu kering. Bila kita inin memetik daunnya , dan umbinya tidak kita harapkan, kita bisa membuat pohon singkong ini menjadi pagar hidup.  Disamping sebagai pagar tanaman lain, pohon singkong juga bisa kita petik daunnya.  Caranya begini   : 
1.  Cangkul selebar dan sedalam 20 cm sepanjang tanah yang akan kita beri pagar.  Taburkan pupuk organik atau pupuk kandang,  
2.  Potong potong batang ketela pohon sepanjang 50 cm.  Tancapkan masing masing sedalam 15 cm dengan jarak 10 - 20 cm.  
3.  belahlah sebatang bambu menjadi 8 bagian, raut denganan halus,  tempalkan 2 bilah di kedua sisi batang yang sudah kita tancapkan tadi dari bawah dulu  , ikat dengan tali ijuk biar awet di beberapa bagian hingga erat.  Lanjutkan  sebelah atasnya dan atasnya lagi sampai ujung hingga menjadi 4 bagian. 
4.  Siram dengan air kalau kekeringan .
Beberapa hari kemudian akan tumbuh tunas tunas daun singkong , biarkan dulu sampai agak panjang dan beberapa daunnya menjadi tua, baru kita bisa petik pucuk daunnya.  Kalau hasilnya banyak , ikat dengan tali, dan bisa kita jual ke warung warung.

No comments:

Post a Comment