Wednesday 22 June 2011

GEMBILI

Masih teringat saat pada acara khajatan tetangga seorang kakek tengah memompa lampu minyak petromak, sambil berjongkok dia asik memompa, tidak sadar kalau celana kolornya terkuak lebar, karena sang kakek tidak mengenakan celana dalam, " biji " nya kelihatan, nampak mengkilap terkena sinar lampu.  Beberapa orang ibu yang tengah duduk berkerumun meracik sayuran, tersenyum geli sambil saling berbisik. Seorang ibu memberanikan diri nyeletuk, "Oalah ki, kue gembili ne meling temen di ler, awas mbok di tubruk nini rimen ",   Pecahlah gelak tawa semua yang berada di dapur.  Sang kakek tersipu malu sambil menutup gembilinya.  
Anda tahu Jenis makanan Gembili ? , Gembili ( Dioscaria esculenta )  adalah jenis tanaman umbi  yang merambat dengan batang agak berduri Buahnya menyerupai ubi jalar namun berwarna coklat muda dengan beberapa akar rambut sebesar kepalan orang dewasa. atau sebesar punya si kakek tadi.  Umbinya berwarna putih bersih, rasanya mempur seperti ketela pohon namun agak lebih manis.    
Dahulu tanaman ini sering di budi dayakan oleh para petani, di tegalan tegalan atau di kebun kebun.  Namun beberapa tahun ini, di daerahku jenis tanaman ini menghilang , tidak ada satupun yang menanamnya.  Kadang aku merindukan makan gembili.  Para petani lebih suka  membiarkan lahan pekarangannya  di tumbuhi rumput rumput liar, mungkin mereka berpikir percuma menanam gembili, harganya tidak sebanding dengan jerih lelah menanamnya.  

No comments:

Post a Comment