Saturday 18 June 2011

KHASIAT MAHKOTA DEWA

Beberapa tahun terakhir ini , tumbuhan Mahkota Dewa, atau dalam bahasa jawa Makutho dewa sangat dikenal oleh masyarakat sebagai obat penyakit yang sulit disembuhkan, beberapa produsen obat juga memproduksi obat obatan dengan bahan dari tanaman ini.  Asal usul tumbuhan ini dulu tidak di ketahui dengan pasti, namun pada akhirnya ditemukan bahwa dalam salah satu literatur Herbarium Bogoriense, Flora of Java, terbitan Belanda pada tahun 1963 disebutkan bahwa Phaleria macrocarpa berasal dari papua nugini.  Dulu tanaman ini dijadikan tanaman hias.  Manfaat Mahkota dewa untuk kesehatan sudah begitu di kenal sejak dulu, terutama di lingkungan keraton, namun hanya sebatas sebagai obat kulit saja.  Pemanfaatannya hingga saat ini berkembang dan meluas.
 Mahkota dewa bisa dijadikan obat darah tinggi, diabetes, lever,  dan jantung.  Berikut saya sajikan beberapa resep :
1.  Penyakit Darah Tinggi
Bahan   :
1.  Daging mahkota Dewa kering 500 iris
2.  Daun sambiloto kering              10 g
3.  Daun Pegagan kering                15 g
Cara membuatnya   :
Bahan di rebus dengan 3 gelas air.  Setelah air tinggal separuh, angkat kemudian saring.  Airnya dapat di minum 3 kali sehari masing masing setengah gelas.
2.  Penyakit Diabetes
Bahan    :
1.  Daging mahkota Dewa                 500 iris
2.  Daun mimba                                    3  lembar
3.. Daun Sambiloto                               7  lembar
4.  Daun sendok                                   7  lembar
cara membuatnya :
Rebus bahan bahan tadi dengan 3 gelas air Angkat setelah tinggal separoh, saring dan di minum 3 kali sehari masing masing setengah gelas.

No comments:

Post a Comment