Monday 8 August 2011

Cara Memupuk dengan pupuk akar

Cara pemberian 
Pupuk akar yang berupa butiran butiran kecil sangat mudah untuk pemberiannya pada tanaman.  Ada dua cara pemupukan dengan pupuk akar.  
Disebar 
Pupuk akar yang disebar biasanya untuk jenis tanaman yang ditanam rapat seperti tanaman padi dan beberapa jenis tanaman Aneka palawija seperti kedelai, kacang hijau, jagung dll.  Caranya adalah dengan melemparkan pupuk secara merata pada tanaman.
Ditanam di sekeliling tanaman 
Untuk tanaman yang agak renggang, pupuk di berikan di sekeliling melingkari tanaman.  Dengan jarak dibawah tajuk terjauh dari tanaman,  Caranya adalah dengan menggali sekeliling tanaman, taburkan pupuk dan arug dengan tanah galian tadi.  Memupuk terlalu dekat dapat mebahayakan tanaman untuk beberapa jenis tanaman.  jadi sebaiknya perhatikan dosisnya.  Mempupuk dengan cara ditanam di sekeliling tanaman biasanya untuk jenis tanaman yang ditanam renggang satu sama lain seperti jeruk, beberapa tanaman palawija dll.  
Dosis Pemupukan 
Untuk menentukan dosis pemupukan secara akurat, perlu kita perhatikan 
  1. Jenis tanaman dan usianya
  2. Jenis tanah dan reaksinya
  3. Keadaan organis hara pada tanah 
  4. waktu pemupukan. 
Cara yang terbaik untuk menentukan dosis pemupukan adalah dengan melakukan pemupukan pada petak percobaan sampai kita menemukan dosis yang paling tepat.  Buatlah petak percobaan dengan kondisi tanah, umur, dan jenis tanaman yang sama.  Lakukan pemupukan dengan takaran yang berbeda pada masing masing tanaman.  
Cara lainnya adalah dengan memeriksakan tanah yang kita tanami ke Laboratorium penelitian tanah.  Bawalah sample tanah ke laboratorium untukdiadakan penelitian.  Nampaknya hal ini sulit dilakukan bagi seorang petani yang jauh dari perkotaan. Tapi asal ada kemauan pasti bisa.  dengan adanya pemeriksaan di laboratorium kita tahu persis kandungan unsur apa saja yang di kurang pada lahan pertanian kita.  Sehingga kita bisa menentukan pupuk yang akan digunakan berikut dosisnya dengan tepat.  Dengan pemupukan yang tepat Usaha Pertanian kita akan semakin maju dengan hasil yang maksimal.

No comments:

Post a Comment