Friday 5 August 2011

MANFAAT PUPUK FOSFOR

Pupuk Fosfor adalah jenis pupuk tunggal berasal daru unsur ( P ) .  Pupuk ini sangat beguna untuk merangsang pertumbhan akar tanaman yang masih berupa benih maupun tanaman muda.  Fosfor juga merupakan bahan mentah untuk pembentukan protein serta membantu proses asimilasi dan pernafasan.  Fosfor juga akan mempercepat proses pembungaan, pemassakan biji dan buah.  
Tanaman yang kekurangan fosfor , daun akan berwarna merah keunguan di sepanjang tepinya, cabang dan batang tidak berkembang, pertumbuhan akar terhambat, buah lama masak, sehingga hasil produksi bisa merosot atau bahkan gagal.  Kalau kita melihat tanda tanda kondisi tanaman seperti yang saya sebutkan diatas, segera lakukan penanganan sesegera mungkin taburkan pupuk fosfor secepatnya.
 
Beberapa produk pupuk fosfor antara lain adalah   : 
  1. Pupuk TSP atau triple super pospat, awalnya berasal dari Amerika bentuknya berupa buliran buliran berwarna abu abu, mempunyai unsur hara yang cukup tinggi.  
  2. Pupuk DS  atau double Superpospat, banyak di produksi di belanda 
  3. Pupuk ES atau Enkel Superpospat,  terbuat dari fosfat alam dan asam belerang.  Reaksinya sangat cepat, berbentuk bubuk berwarna abu abu   pupuk ini kurang populer di kalangan petani karena susah di dapat dan merupakan produk import

1 comment:

  1. TSP sangat berperan penting untuk tanaman, kandungan fosfor pada Pupuk TSP ini sangat tinggi.

    ReplyDelete