Friday 5 August 2011

PUPUK NITROGEN

Pupuk Nitrogen atau ( N ) berfungsi untuk merangsangpetumbuhan tanaman khususnya batang , cabang dan daun. Nitrogen juga penting untuk Pembentukan protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik lain. Ciri ciri tanaman yang kekurangan nitrogen,pertumbuhannya terhambat, warna daunnya menjadi kekuning kuningan, kurang segar dilihat. Buah yang kekurangan Nitrogen akan kerdil dan cepat masak.  
Nitrogen ( N ) diproduksi sebagai pupuk tunggal contoh pupuk Nitrogen adalah Urea, Natronsalpeter, kalkastikastof, Zwavelzure ammoniak ( ZA ) dll.
masing masing jenis pupuk Nitrogen ini mempunyai prosentase kadar N yang berbeda beda. Diantara beberapa jenis pupuk tunggal tadi , Urea dan ZA yang paling dikenal para petani.  Kadar Nitrogen pupuk ZA sekitar 20 - 21 %, Sifat pupuk ZA ini bersifat asam, Kalau keasaman tanah tinggi dan kita berikan pupuk ZA maka tanah menjadi semakin asam.  Pupuk ZA kurang baik kalau dijadikan pupuk dasar karena mudah larus dan terkikis air.  
Pupuk Urea sangat dikenal oleh masyarakat petani. Kandungan Nitrogennya mencapai 46 % setiap kwintalnya.  urea sangat mudah larut dalam air, namun untuk dapat diserap oleh akar ,ada proses dulu dengan bakteri.  Pemakaian Urea yang berlebihan akan membuat tanaman menjadi layu dan mati, maka harus berhati   kalau anda memupuk tanaman yang belum sehat dengan urea, harus betul betul di perhatikan takarannya.  Pupuk urea bentuknya kecil kecil halus menyerupai gula pasir, tapi ada juga urea dalam bentuk tablet di sebut dengan urea prill

No comments:

Post a Comment