Friday 5 August 2011

Pupuk Buatan

Pupuk buatan adalah pupuk yang di buat dan di olah oleh Perusahaa pupuk dari bahan kimia anorganik dengan kadar yang cukup tinggi.  Sebenarnya pada awal adanya pupuk buatan, hanya ada 3 jenis saja.  Tapi dengan pesatnya ilmu perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, banyak sekali jenis pupuk buatan.  Baik dari sisi bentuk, warna, penggunaan dll.

Dengan adanya pupuk  yang beraneka ragam tentu saja mebuat petani sangat di untungkan.  Mereka dapat memilih jenis jenis pupuk yang bagus untuk tanamannya.  Dari ratusan jenis pupuk yang ada, sebenarnya kalau di lihat dari kandungan unsur hara yang ada hanya ada dua jenis pupuk, yaitu pupuk tunggal dan pupuk majemuk.  Pupuk tunggal yaitu pupuk yang hanya mengandung satu jenis unsur hara dan pupuk majemuk adalah merupakan pupuk yang mengandung beberapa jenis unsur hara.  Saat ini prosuksi pupuk tunggal semakin berkurang, sementara pupuk majemuk semakin bertambah saja jenisnya.  Ini disebabkan kecenderungan petani yang lebih memilih pupuk yang mengandung beberapa jenis unsur dikarenakan lebih praktis dan menghemat waktu serta biaya. 
Keuntungan dengan adanya pupuk buatan adalah  : 
1.  Takaran dan waktu dapat di tentukan
2.  Kebutuhan unsur hara dapat diberikan dengan pasti 
3.  Unsur hara dapat diperoleh dalam jumlah yang tersedia
4.  Lebih praktis dalam hal pengangkutan dan cara pemupukan di banding dengan pupuk alami
Sya rasa mengenai pupuk buatan sudah jelas kan, ?,  pada posting berikut akan saya jelaskan mengenai jenis jenis pupuk buatan, tunggu saja. 

No comments:

Post a Comment