Thursday 4 August 2011

Mengenal Pupuk Akar

Dengan semakin berkembangnya tekhnologi,  Jenis jenis pupuk semakin beragam dengan kandungan dan cara penggunaan yang berbeda beda,  kita perlu tahu persis kegunaan jenis pupuk sebelum kita menggunakannya, agar penggunaan pupuk tidak mubadzir atau bahkan merusak tanaman.  
Pupuk akar adalah pupuk yang diberikan melalui penyerapan akar, seperti kita tahu bahwa akar adalah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi mencari zat zat yang dibutuhkan tumbuhan, sehingga pupuk akan lebih bagus kalau kita berikan melalui akar agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan berproduksi maksimal.  
Yang perlu dipahami dalam penggunaan pupuk akar adalah   : 
Tepat waktu 
Pemberian pupuk terhadap tanaman harus memahami kapan tanaman memerlukan pupuk, Pada saat pertumbuhan batang, saat berbunga atau pada saat berbuah.  Misalnya saat tanaman mulai berbunga kita taburkan urea, tentu saja urea yang mempunyai kadar Nitrogen tinggi akan membuat tanaman menjadi bongsor akhirnya lupa berbuah atau kalau untuk tanaman padi menjadi roboh.
Tepat Penggunaan
Memberikan pupuk pada tanaman harus tepat, pupuk apa yang dibutuhkan tanaman agar mempunyai produktivitas yang maksimal.  itu yang terpenting.  Kita harus tahu saat tanaman daunnya kurang segar, kekuning kuningan, pupuk apa yang perlu kita berikan.  Ketepatan penggunaan pupuk akan lebih berhemat dan dapat mencapai hasil yang kita harapkan.
Bardasarkan hasil penelitian, Tanaman membutuhkan 16 Zat agar dapat tumbuh normal.  3 Jenis diambil langsung dari udara dan 13 lainnya diserap melalui tanah.  3 zat dari udara adalah karbon, Hidrogen dan Oksigen, tiga zat ini berlimpah.  sedangkan 13 zat yang diserap melalui tanah.  Nah kadar dan kandungan tanah akan zat zat tersebut kadang kekurangan, sehingga perlu adanya pemupukan.  Apabila kita menanam pada media yang kekurangan zat zat tadi , tanaman akan menjadi kurus dan penyakitan.
Dari 13 Zat tadi dapat di wujudkan atau di jadikan bentuk pupuk.  Tapi kebutuhan tanaman akan 13 jenis zat tadi volumenya tidak sama, ada yang sedikit dan ada yang banyak dibutuhkan.  Dari 13 Zat tadi ada 6 jenis yang dibutuhkan dalam porsi banyak, diantaranya adalah Nitrogen ( N ) , Fosfor ( P ) Kalium ( K ), Sulfur ( S ), Calsium ( Ca ) dan magnesium ( Mg ).  ke enam unsur tersebut disebut unsur Makro.  Dari keenam unsur makro tersebut ada 3 yang mutlak harus di miliki tanaman yaitu Nitogen, fosfor dan kalium.  Dari sini munculah pupuk N ( urea ), P ( TSP ) dan K ( Cl ).  atau ada yang di gabung dikenal dengan pupuk NPK.  yang berarti pupuk tersebut mengandung unsur N, P dan K.
Untuk zat zat lainnya karena hanya sedikit di butuhkan oleh tanaman walaupun cukup penting juga disebut sebagai unsur mikro.  Pupuk mikro biasanya di berikan lewat pupuk daun.  

No comments:

Post a Comment