Friday, 1 July 2011

GADUNG

Tahu tanaman Gadung ( Dioscorea hipida ) ?, Gadung termasuk jenis umbi.  Daun gadung mempunyai warna hijau antik yang tidak di miliki oleh daun lain.  Kalau ada warna serupa dengan daun gadung disebut Hijau gadung.  Pohon Gadung sebesar jari kelingking, merambat panjang dan berduri biasanya membelit tanaman keras dan melingkari pohon.  Warna umbinya hampir sama dengan Gembili, tapi lebih besar, hampir seberat 4 sampai 5 Kg satu pohon.  Gadung di panen saat musin kemarau ketika semua warna daunnya menguning.  

Gadung dapat di olah menjadi aneka makanan yang enak.  yaitu kripik gadung, Gadung rawon, tepung gadung dll.  Nilai gzinya pun cukup tinggi
Umbi gadung tidak dapat di konsumsi begitu saja, tapi harus melalui beberapa proses, karena gadung mengandung racun dioscorine yang tinggi sehingga berbahaya kalau dimakan tanpa pengolahan khusus terlebih dahulu.
Cara Pengolahan gadung

  1. Kupas umbinya, potong tipis tipis selayaknya kita membuat sriping 
  2. Lumuri irisan gadung dengan abu sampai warna aslinya hilang menjadi warna abu. 
  3. Jemur sampai kering ( 3 - 4 hari ) 
  4. Rendam dalam air.  Ganti air setiap pagi siang dan sore selama 3 hari.  
  5. Cuci hasil rendaman, dan jemur sampai kering. 
  6. Gadung siap di goreng atau di kukus sesuai dengan selera kita.  
Saat sekarang tidak lagi kulihat orang mengolah gadung.  Tanaman gadungpun jarang sekali kulihat.  Padahal kalau di budi dayakan, akan membuahkan hasil untuk menambah pendapatan keluarga.  

No comments:

Post a Comment

Post a Comment