Friday 1 July 2011

SUWEG

Suweg atau nama lainnya adalah aku tidak tau , hehehe..... , sebut saja suweg lah.  Saat aku kecil Ibu sering memberi aku makanan dari suweg yang di kukus sebagai pengganti nasi, maksud ibu agar aku tetep kenyang dan beras jadi irit.  Maklum, saudaraku  semua ada 8 , cowok 5 cewek 3.  Kalau pada saat makan tidak ada , ya sudah alamat nggak kebagian jatah.  siap siap menunggu jam makan berikutnya sambil menahan lapar.  
Bentuk tanaman seperti gambar disamping, daunnya yang agak bergetah bisa menimbulkan gatal gatal.  Tanaman suweg tumbuh liar di pekarangan pekarangan.  Jarang yang sengaja menanam untuk di budi dayakan, bahkan boleh dikata tidak ada.  Rasanya cukup enak dan bikin kenyang. Dipanen ketika Tanaman suweg mulai menguning daun dan batangnya.  Kandungan karbohidatnya lumayan.  Sampai saat ini saya belum pernah mendengar atau membaca perihal Budidaya tanaman suweg.  padahal Tepung suweg sangat bagus sebagai pengganti terigu , campuran roti, nasi tiwul dll

Cara mengkonsumsi Umbi suweg cukup mudah, kupas unbinya, cuci hingga bersih kukus hingga matang.  Lebih enak jika kita makan dengan gula merah,  bisa juga di campur dengan ampas kelapa.  
Tanaman suweg beberapa tahun ke depan saya yakin akan mengalami nasib yang sama dengan , gembili, gadung dan ganyong kalau tidak ada yang  membudi dayakannya.  

No comments:

Post a Comment