Wednesday 17 August 2011

Pupuk Dekaform

Pupuk dekaform adalah pupuk majemuk berbentuk tablet dengan penyediaan unsur hara terkendali.  artinya hara yang diberikan dilakukan dengan perlahan dalam waktu yang cukup lama.  Hal ini karena daya larut tablet dekaform terbilang lama dan terbentuk melalui proses pemantapan.  
Pupuk dekaform merupakan pupuk majemuk dengan kandungan unsur Nitrogen 20%, Posfat 10%, Kalium 5 %, SUlfur 1,60%, Calsium 2,60 % Besi 0,35%.  Dengan kandungan hara yang demikian lengkap sangat menguntungkan petani karena hanya dengan sekali pupuk, hampir semua unsur hara dapat tercukupi.  Karena pupuk tablet ini sulit larut, maka Dekaform dapat bertahan 18 - 19 bulan.  sehingga Resiko pencemaran terhadap lingkungan sangat kecil .  

Cara Penggunaan 
Menggunakan Pupuk dekaform lain dengan penggunan pupuk yang lain.  Untuk tanaman yang baru saja di pindah dari media semai, caranya ialah dengan meletakan pupuk dibawah akar tanaman kira kira 5 cm dari ujung akar dan untuk tanaman yang sudah tumbuh besar, atau tanaman keras, pupuk diletakan di samping akar dengan kedalaman 15 - 20 cm dari permukaan tanah dan untuk tiap tanaman kira kira 2 tablet dekaform.  

No comments:

Post a Comment